Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Post By: Anonymouse, Google, Yahoo!, Blogger, Wordpress, Facebook, Twitter

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Manis sering digunakan untuk bumbu dalam berbahagai masakan.  Seperti rawon dan berbagai bahan tradisional dalam membuat kue pie dan masih banyak lagi yang memanfaatkan kayu manis untuk bumbu masakan yang bisa menghadirkan aroma manis dan pedas pada makanan saja.

Kayu manis atau  (cinnamomum verum) adalah salah satu rempah-rempah tertua yang dikenal manusia, dan ternyata dapat dijadikan ramuan yang bisa menjaga kesehatan kita. Beberapa awal Abad Pertengahan, kayu manis dijadikan herbal sebagai stimulator nafsu makan dan pencernaan. Untuk manfaat kayu manis yang lebih lengkap, silahkan terus simak uraian dibawah ini yang dikutip dari okezone dan wollipop.

Manfaat Kayu Manis

Berikut manfaat kayu manis dalam menangkal beberapa ragam penyakit :
  • Mengurangi Risiko Diabetes tipe-2. Kandungan chalconoids dalam Kayu Manis memiliki aksi hipoglikemik. Chalconoids atau chalcone adalah kelompok flavonoid (senyawa kimia yang dibuat dari tumbuhan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda). Chalconoids mampu mengurangi tingkat gula dalam darah yang disebabkan resistensi insulin yang meningkat. Jadi, Kayu manis membantu mencegah tingginya tingkat glukosa dalam darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal.
  • Sebagai Obat Jamur dan Anti bakteri. Chalconoids dalam Kayu Manis dikenal sebagai antijamur dan antibakteri sehingga dapat membantu untuk mengobati  infeksi.
  • Mengatasi radang Sendi. Perpaduan racikan kayu manis dan madu adalah obat tradisional untuk sakit radang sendi.
  • Mengatasi Masalah dalam Perut. Kayu Manis dapay membantu pencernaan dan berbagai masalah perut, mual dan muntah diare.
  • Untuk Sariaw an. Rebus akar kayu manis, lalu gunakan untuk berkumur dan lakukan sesering mungkin, bila terserang sariawan atau pendarahan pada gusi.
  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker. Kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker, juga menjadi salah satu rempah yang bisa menyembuhkan kanker.
  • Mengurangi Nyeri Haid. Kayu manis mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan.
  • Pengobatan Alzheimer. Kayu manis adalah salah satu rempah yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, meningitis, juga bisa mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.
Cara terbaik memanfaatkan Kayu Manis adalah dengan membiarkan batang kayu manis mengeluarkan aromanya dalam secangkir teh. Atau bisa diolah untuk menghasilkan minyak esensial, yang telah dijual di pasaran dalam bentuk tablet dan kapsul.

Namun bagi yang alergi dengan kayu manis sakit kepala. Sedangkan bagi penderita diabetes yang sedang dalam penanganan dokter sebaiknya berkonsultasi dahulu sebelum mengonsumsi kayu manis karena kayu manis dapat mengganggu kinerja obat diabetes. Selain kayu putih, manfaat binahong ternyata juga sangat baik untuk kesehatan kita. Semoga manfaat kayu manis diatas bisa bermanfaat.
Please :


Baca Artikel Lainya:

Comments With Facebook
0 Comments With Blogger

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan, Jika Artikel Kami Bagus, Sudi Kiranya Anda Membagikan Kepada Teman Teman Anda. Terimakasih Telah Berkunjung Di Blog Ini